Rabu, 17 Desember 2014

Review Souvenir: Ucok Souvenir Jogza


Sama dengan undangan, dalam hal souvenir perkewongan, gue mempercayakan vendor dari Jogja dibanding vendor di seputaran Bandar Lampung. Tapi jangan dulu nyangka kalau vendor atau toko souvenir di Bandar Lampung nggak bagus. Sebenernya ini lebih ke budget aja, sih! Hihihi. Soalnya setelah gue banding harga, order souvenir ke Jogja ternyata bisa jauh lebih murce dibanding beli souvenir langsung di toko yang ada di Bandar Lampung. Seriusan! -__-

Dalam pemilihan souvenir, gue nggak mau over budget dengan membeli souvenir mahal yang cuma jadi pajangan doang. Tapi gue juga nggak mau souvenir yang asal pilih atau asal ada--yang penting murah. Gue pengen souvenir yang walau harganya minimal tapi bisa fungsional dan pastinya berkesan tradisional sesuai konsep nikahan gue. *manten banyak maunya*

Setelah ngubekin gugel, akhirnya gue kepincut sama souvenir centong nasi kayu sonokeling. Souvenir macem gini pasti bermanfaat banget buat tamu, apalagi emak-emak yang doyan masak. Secara kan ya... siapa sih yang di rumahnya nggak masak nasi dan nggak butuh centongnya? Gue rasa centong berbahan kayu sonokeling gitu juga dapet banget kesan tradisionalnya. Soal harga? Alhamdulillah kalau untuk souvenir model gini masih dalam zona aman bagi kantong. :D

Gue memilih Ucok Souvenir Jogza sebagai vendor souvenir gue. Sejauh pengecekan di gugel, vendor ini membandrol harga yang murahnya kebangetan untuk centong kayu sonokeling dibanding vendor lain. Gue dikasih harga Rp2.250,- aja per pcs, udah termasuk bungkus tile serut dan sablon nama di gagangnya. Untuk ongkir dari Jogja ke Bandar Lampung pun cuma kena charge Rp101.500,- aja. Jadi, kalau ditotal untuk pemesanan 650 pcs plus ongkirnya, duit gue dan Pipi cuma keluar Rp1.564.000,- aja, bok! Murah? Bangeeeetttttzzz...!!!


Fyi aja sekedar banding harga, nih! Gue pernah iseng cek ke toko souvenir di Bambu Kuning Bandar Lampung. Untuk centong kayu putih biasa yang bahannya lebih tipis dibanding kayu sonokeling, harga yang dibandrol sekitar 4.000-an perak dengan bungkus plastik doang dan belum termasuk sablon nama! Nah, kalau dibandingin dengan yang gue dapet dari Ucok Souvenir Jogza tadi, jelas tho selisih harganya jauh pake bingits, cing! Bayangin, berapa duit yang bisa gue hemat? Sejeti lebih, mak! Ebusseet...!! Tuh kan... wajarlah ya kalau gue lebih milih order souvenirnya ke Jogja daripada beli di toko! *nyengir kuda*

Oya, di vendor ini gue cuma order centongnya aja tanpa thanks card. Kalau mau pake thanks card, cuma nambah Rp100,- aja per lembarnya dengan cetak full color dan bisa pake foto sekalian. Tapi setelah diskusi dengan Pipi dan keluarga gue, thanks card kayaknya nggak penting, deh! Soalnya berdasarkan pengalaman, tiap dapet souvenir nikahan orang, yang namanya thanks card itu nyaris terabaikan. Cuma diliat sepintas terus dibuang. Malah ada yang maen langsung buang aja tanpa baca sedikit pun tulisan di thanks card. Walaupun harganya amat sangat terjangkau, tapi kalau kurang manfaat gitu mending nggak pake aja, deh! Toh ngucapin makasih ke tamunya bisa secara personal pas salaman di pelaminan. Untuk nama mantennya juga kan udah disablon di centongnya. Nah, jadi buat apa lagi thanks card-nya? Ihiks! Entah ini modus ngirit atau pelit. Huahahaha!

Dari segi pelayanan, pihak Ucok Souvenir Jogza sabar banget ngadepin gue yang ngeselin doyan nanya via SMS dan inbox fb-nya. Dikarenakan centongnya handmade, proses pengerjaan souvenir gue butuh waktu agak lama, sekitar 2 bulanan. Dari awal mereka juga udah kasih tau estimasi pengerjaannya yang nggak bisa cepet itu. Gue pun maklum dan nggak terlalu memburu. Asalkan hasilnya maksimal, gue sih manut aja. Toh masih ada jeda sebulan dari hari H setelah souvenirnya jadi.

Proses pengiriman dan packing juga nggak ada masalah. Setelah sampe di rumah dengan selamat dan liat penampakan aslinya si centong, gue suka banget! Walaupun ukuran dan bentuk tiap centong nggak sama karena dibuatnya handmade, tapi finishingnya cukup memuaskan. Centongnya halus. Sablon namanya jelas. Warna maroon untuk bungkus tilenya sesuai rikues gue.


Minusnya sih menurut gue cuma karena ada dua biji centong yang patah. Mungkin ketindih saat proses packing atau pengirimannya. Untungnya, setelah dihitung, gue dapet bonus beberapa centong lagi, euy! Gue jadi ngerasa nggak terlalu rugi karena dua centong yang patah itu ada gantinya. Alhamdulillah... kalau emang rezeki nggak bakal ke mana, ya? :)

Finally, gue puas dengan souvenir gue! Tanpa perlu merogoh kocek kelewat dalem, gue bisa dapetin souvenir yang cucok. Senengnya lagi, setelah acara, saudara dan temen gue bilang souvenir gue bisa langsung dipake untuk nyentong nasi di rumah mereka. Hahay! Di rumah gue pun, nih centong juga masih suka dipake sampe sekarang. Aahh... kalau gitu mah puasnya dobel gue, cing! :D

Sayangnya, souvenir yang memuaskan hati itu nggak dibarengi dengan pembagiannya ke para tamu yang justru mengecewakan di hari H. Huhu. Atas saran nyokap, sengaja souvenirnya baru dikasih setelah tamu salaman dan menjelang tamu pulang. Tapi karena panitia souvenirnya nggak stenbei di tempat dan malah asik keluyuran, alhasil banyak banget tamu yang nggak kebagian souvenir! Padahal kata adek ipar gue yang merhatiin sikon itu, banyak banget tamu yang pengen souvenirnya, tapi ragu mau ambil sendiri. Gegara greget liat sikon gitu, adek ipar gue lah yang akhirnya terpaksa ambil alih tugas sebagai panitia souvenir. Hufft! Eh tapiii... berhubung pembagian souvenir yang nggak rata gitu, di akhir acara malah tersisa banyak souvenir yang ujungnya bisa dialihkan untuk dibagiin ke keluarga besar di Jogja atau tetangga atau temen-temen yang belum dapet souvenir. Syukurlah nggak ada yang terbuang sia-sia! *narik nafas lega*

Yak, sekian review-nya! Next, gue mau bahas vendor nail art gue. Ditunggu aja ya, gaesss! Okehtengsbai!

Ucok Souvenir Jogza
CP: 087839325003
Alamat web-nya: www.ucokjogjasouvenir.com
FB-nya: Ucok Souvenir Jogza II

1 komentar:

Zulfa Balai Sartika mengatakan...

Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
Zulfa,
WA ( 089611648377 )
IG ( Zulfa.hisbalaisartika )
E-mail ( Zulfa.hiscorp@gmail.com )

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com