Rabu, 14 Juni 2017

Resep Kastengel Lumer


Beneran deh gue aslinya nggak bakat dalam hal per-baking-an. Tapi nggak tau kenapa, Lebaran tahun ini pengen banget bebikinan kue kering sendiri. Iseng browsing dan tetiba ketemu salah satu resep kastengel lumer di Cookpad (makasih ya yang udah share resepnya!). Diceki sih bahan dan cara buatnya gampil. Yowes, nekad aja dah re-cook, tentunya dengan sedikit improvisasi dari gue. Daaan... ternyata emang beneran jadinya tuh kastengel supeeer lembuuut dan ngejuuu banget. Langsung nyess lumer di mulut.

Jadi baiklah... karena gue nggak mau ngerasain sendirian si kastengel lumer itu, sekarang gue bagiin resepnya dah! Monggo dicoba bikin. Beneran gampang, kok! ;)

Bahan:
  • 125 gr butter atau bisa mix dengan mentega (gue pake Royal Palmia Butter Margarine, bisa juga Blue Band Cake and Cookie).
  • 1 butir kuning telur.
  • 75 gr atau sesuai selera keju edam atau keju cheddar parut (keju yang udah diparut diangin-anginkan dulu sebelum dicampur ke adonan).
  • Sejumput garam (optional).
  • 50 gr tepung maizena.
  • 125 gr tepung terigu protein rendah (gue pake Kunci Biru).
  • 1 kuning telur (untuk olesan).
  • Keju cheddar parut secukupnya (untuk taburan).
  • Secukupnya susu cair (sedikit aja untuk campuran olesan kuning telur).

Cara Membuat:
  • Campur butter, kuning telur, dan keju parut. Boleh ditambah sejumput garam supaya lebih gurih asin. Untuk mencampur nggak perlu mixer. Cukup pake spatula karena gunanya cuma untuk mencampur rata aja.
  • Masukkan tepung maizena dan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni dengan tangan sampai kalis. Kalau adonan masih terlalu lembek, bisa ditambah 3 sdm tepung terigu lagi.
  • Ambil adonan, ratakan dengan rolling pin (gue nggak punya rolling pin, jadi pake botol sirup aja... nyahaha!), dan cetak sesuai selera.
  • Olesi loyang dengan butter dan taburi sedikit tepung supaya nggak lengket. Tata adonan yang udah siap di loyang.
  • Olesi adonan yang udah dicetak dengan campuran kuning telur+susu cair dan taburi keju.
  • Panggang di oven hingga kuning kecoklatan.
  • Setelah matang, angin-anginkan sebentar untuk menghilangkan uap panas. Pastikan kue udah dingin sepenuhnya sebelum disimpan di toples supaya lebih tahan lama.

Resep di atas bisa untuk kurang lebih seloyang kastengel atau ngisi penuh toples tupperware ukuran kecil.

Sedikit info tambahan, gue sempet trial and error tiga kali. Yang pertama kali bikin, ternyata gue manggangnya kelamaan jadi terlalu kering dan kejunya jadi kurang berasa (karena kering jadinya pahit T_T). Percobaan kedua, gue kasih kebanyakan garem, jadi banyak yang bilang keasinan. Huhu. Tapi bokap-nyokap gue bilang nggak. Soalnya asin kejunya lebih berasa dan kayak gitu emang rasa khas kastengel. Yaah... selera asin tiap orang beda keles yee? Alhamdulillah percobaan terakhir sukses. Menurut gue sih. Rasa pas. Tingkat kematangan pas. Pipi bilang juga jauh lebih enak yang terakhir. Dan gue langsung disuruh open order. -_-

Jadiiii... bagi yang baru banget pertama nyoba baking kue kering, saran gue, perhatikan waktu memanggang dan takaran adonan. Karena bikin kue tuh beda kayak kita numis atau masak sayur yang takarannya bisa pake feeling. Kalau kue, kudu ngikutin takaran resepnya atau hasilnya pasti bakal beda.

Last, yuk ah... cobain bikin kastengelnya! Nggak sesulit yang gue bayangin ternyata bikin kue Lebaran itu. Kayaknya sih ketagihan pengen cobain resep-resep per-baking-an lainnya, deh! Ya kali someday bisa jadi bakul kue bakal tambahan beli bedak. Hihihi.

Okehtengsbai!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com

Full Edited by lovelyshironeko.blogspot.com